Dr. Sugiyanto M.Kom.
DIMAS IRAWAN IHYA' ULUMUDDIN S.Sn, M.Kom
Menjadi Program Studi pilihan utama dalam bidang Desain Komunikasi Visual dan teknologi multimedia di Indonesia, yang unggul dan berjiwa entrepreneurship pada tahun 2026
1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berbasis seni dan teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu mengembangkan serta mengamalkan ilmunya secara profesional.
2. Menjaga keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan pembangunan industri kreatif di Indonesia dengan menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, sehingga lulusan yang dihasilkan berjiwa entrepreneurship dan mampu berkompetisi secara global.
3. Menyelenggarakan dan memasyarakatkan hasil-hasil penelitian di bidang desain komunikasi visual dan teknologi multimedia melalui publikasi ilmiah, pameran, dan pengabdian kepada masyarakat.
No | Kode | Judul Mata Kuliah | SKS | Semester |
---|---|---|---|---|
1 | A14.27106 | SKETSA | 2 | 1 |
2 | N2017055 | PENDIDIKAN AGAMA HINDU | 2 | 1 |
3 | A14.27303 | CREATIVE WRITING | 2 | 1 |
4 | N2017051 | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | 2 | 1 |
5 | U201704 | PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI | 2 | 1 |
6 | N2017052 | PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK | 2 | 1 |
7 | A14.27104 | PENGANTAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | 2 | 1 |
8 | A14.37101 | Tipografi | 2 | 1 |
9 | A14.27102 | NIRMANA | 3 | 1 |
10 | A14.37104 | Sketsa | 3 | 1 |
11 | AF201704 | DASAR-DASAR KOMPUTASI | 2 | 1 |
12 | A14.37106 | Keterampilan Presentasi | 2 | 1 |
13 | A14.37102 | Nirmana | 3 | 1 |
14 | A14.37103 | Pengantar Desain Komunikasi Visual | 2 | 1 |
15 | A14.37105 | Penulisan Kreatif | 2 | 1 |
16 | CF201701 | Pengantar Teknologi Informasi | 0 | 1 |
17 | A14.27307 | TEKNIK PRESENTASI | 2 | 1 |
18 | N201702 | Bahasa Inggris | 2 | 1 |
19 | A14.27103 | GAMBAR TEKNIK | 2 | 1 |
20 | N2017053 | PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN | 2 | 1 |
21 | A14.27101 | TIPOGRAFI | 2 | 1 |
22 | N2017054 | PENDIDIKAN AGAMA BUDHA | 2 | 1 |
23 | A14.37204 | Strategi Komunikasi | 2 | 2 |
24 | A14.27202 | MENGGAMBAR 1 | 3 | 2 |
25 | A14.27204 | SEJARAH DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | 2 | 2 |
26 | A14.27407 | TINJAUAN DESAIN | 2 | 2 |
27 | AF201703 | Technopreneurship | 2 | 2 |
28 | A14.27203 | KOMPUTER GRAFIS 1 | 2 | 2 |
29 | A14.37206 | Tinjauan Desain | 2 | 2 |
30 | U201701 | Dasar Kewirausahaan | 2 | 2 |
31 | A14.37207 | Reprografika | 4 | 2 |
32 | A14.27408 | METODE PRODUKSI GRAFIKA 1 | 2 | 2 |
33 | A14.37205 | Estetika Desain | 2 | 2 |
34 | AF201702 | Literasi Informasi | 2 | 2 |
35 | A14.37202 | Gambar Bentuk & Figur | 4 | 2 |
36 | A14.27206 | ESTETIKA | 2 | 2 |
37 | A14.37203 | Grafis Komputer | 2 | 2 |
38 | A14.27201 | TIPOGRAFI APLIKATIF | 2 | 2 |
39 | A14.37201 | Tipografi Aplikatif | 2 | 2 |
40 | A14.27205 | STRATEGI KOMUNIKASI | 2 | 2 |
41 | A14.27302 | MENGGAMBAR 2 | 3 | 3 |
42 | A14.37303 | Psikologi Persepsi | 2 | 3 |
43 | A14.27504 | KRITIK DESAIN | 2 | 3 |
44 | A14.37305 | Ilustrasi | 3 | 3 |
45 | A14.27505 | METODE PRODUKSI GRAFIKA 2 | 2 | 3 |
46 | A14.37304 | Kritik Desain | 2 | 3 |
47 | A14.27301 | DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 1 | 6 | 3 |
48 | A14.37302 | Fotografi Dasar | 3 | 3 |
49 | A14.27305 | FOTOGRAFI 1 | 3 | 3 |
50 | A14.37301 | Desain Informasi | 4 | 3 |
51 | A14.27306 | PSIKOLOGI PERSEPSI | 2 | 3 |
52 | A14.37306 | Desain Antarmuka / Pengalaman Pengguna | 3 | 3 |
53 | A14.27605 | CREATIVE ENTREPRENEURSHIP | 2 | 3 |
54 | A14.37307 | Desain Publikasi | 3 | 3 |
55 | A14.27304 | KOMPUTER GRAFIS 2 | 2 | 3 |
56 | C12.02207 | Budaya dalam Bisnis dan Perusahaan Jepang | 2 | 4 |
57 | B11.6405 | Pemasaran Digital | 3 | 4 |
58 | A14.27405 | FOTOGRAFI 2 | 3 | 4 |
59 | A14.27604 | MULTIMEDIA | 2 | 4 |
60 | C11.38601 | Subtitling | 2 | 4 |
61 | A14.37403 | Audiovisual Dasar | 2 | 4 |
62 | A14.27402 | DESAIN WEB | 2 | 4 |
63 | A14.27602 | PEMODELAN 3D | 2 | 4 |
64 | A14.37406 | Pemodelan 3D | 4 | 4 |
65 | A14.27401 | DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 2 | 6 | 4 |
66 | A14.37405 | Metodologi Desain | 2 | 4 |
67 | A14.37407 | Multimedia | 3 | 4 |
68 | A14.27404 | ILUSTRASI | 2 | 4 |
69 | A14.37404 | Fotografi Pencahayaan Buatan | 3 | 4 |
70 | E125908 | Pengembangan Produk Berbasis Budaya | 3 | 4 |
71 | A14.37402 | Desain Web | 2 | 4 |
72 | A14.27406 | METODOLOGI DESAIN | 2 | 4 |
73 | A14.37401 | Desain Identitas Visual | 4 | 4 |
74 | A14.27403 | SINEMATOGRAFI | 2 | 4 |
75 | A15.21403 | Pengelolaan Konten Digital | 3 | 4 |
76 | A14.37505 | Fotografi Komersial | 3 | 5 |
77 | A14.27716 | DESAIN PRODUK | 2 | 5 |
78 | A14.37502 | Penceritaan Visual | 4 | 5 |
79 | A14.27607 | MEDIA INTERAKTIF | 2 | 5 |
80 | A14.37503 | Produksi Audiovisual | 4 | 5 |
81 | A14.27611 | MANAJEMEN SKENARIO ANIMASI | 2 | 5 |
82 | A14.37508 | Proyek Desain Produk | 4 | 5 |
83 | A14.27708 | VISUAL MERCHANDISING | 4 | 5 |
84 | A14.37510 | Proyek Desain AI Generatif | 4 | 5 |
85 | A14.27613 | DASAR PEMROGRAMAN GAME | 2 | 5 |
86 | A14.37509 | Proyek Game | 4 | 5 |
87 | A14.27507 | TEORI PERIKLANAN | 2 | 5 |
88 | N201706 | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN | 2 | 5 |
89 | A14.37507 | Proyek Media Imersif | 4 | 5 |
90 | A14.27709 | DESAIN ORNAMEN | 2 | 5 |
91 | A14.37506 | Proyek Tata Visual Produk | 4 | 5 |
92 | A14.27501 | DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 3 | 6 | 5 |
93 | A14.37504 | Teori Periklanan | 2 | 5 |
94 | A14.27606 | DASAR PEMROGRAMAN MULTIMEDIA | 2 | 5 |
95 | A14.27715 | PEMASARAN DAN PERILAKU KONSUMEN | 2 | 5 |
96 | A14.27502 | VISUAL STORYTELLING | 2 | 5 |
97 | A14.27612 | TEORI ANIMASI | 2 | 5 |
98 | A14.27712 | PROYEK ANIMASI 3D | 4 | 5 |
99 | A14.27614 | INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER | 2 | 5 |
100 | A14.27503 | AUDIO VISUAL | 4 | 5 |
101 | A14.37501 | Desain Persuasi Sosial | 4 | 5 |
102 | A14.27710 | KAJIAN BUDAYA | 2 | 5 |
103 | A14.27615 | FOTOGRAFI DESAIN | 3 | 6 |
104 | A14.27616 | PUBLISHING | 2 | 6 |
105 | A14.27608 | KOMUNIKASI VISUAL PERIKLANAN | 4 | 6 |
106 | A14.27711 | PROYEK ANIMASI 2D | 4 | 6 |
107 | A14.27603 | ANIMASI 2D | 4 | 6 |
108 | A14.27714 | PEMROGRAMAN GAME | 4 | 6 |
109 | A14.27610 | KOMUNIKASI GRAFIS | 4 | 6 |
110 | A14.37606 | Proyek Animasi | 4 | 6 |
111 | A14.27713 | GAME DESIGN DEVELOPMENT | 2 | 6 |
112 | A14.37604 | Proyek Grafis Lingkungan | 4 | 6 |
113 | A14.27609 | BAHASA VISUAL | 2 | 6 |
114 | A14.37605 | Proyek Desain Kemasan | 4 | 6 |
115 | N201707 | PENDIDIKAN PANCASILA | 2 | 6 |
116 | A14.37603 | Proyek Konten Kreatif | 4 | 6 |
117 | N201701 | Bahasa Indonesia | 2 | 6 |
118 | A14.37602 | Grafis Bergerak | 4 | 6 |
119 | A14.27707 | PROYEK INTERAKTIF | 4 | 6 |
120 | A14.37601 | Desain Persuasi Komersial | 4 | 6 |
121 | A14.27601 | DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 4 | 6 | 6 |
122 | A14.27706 | NEW MEDIA | 2 | 6 |
123 | A14.37706 | Kuliah Kerja Industri | 4 | 7 |
124 | A14.37701 | Kolokium | 4 | 7 |
125 | A14.37704 | Manajemen Desain | 2 | 7 |
126 | A14.37705 | Etika profesi | 2 | 7 |
127 | A14.37709 | Etika profesi Industri | 2 | 7 |
128 | A14.27704 | BIMBINGAN KARIER | 2 | 7 |
129 | N201705 | Pendidikan Agama | 2 | 7 |
130 | A14.37708 | Manajemen Desain Industri | 2 | 7 |
131 | A14.27701 | KOLOKIUM | 4 | 7 |
132 | A14.37703 | Bimbingan Karier | 2 | 7 |
133 | A14.27719 | MANAJEMEN DESAIN INDUSTRI | 2 | 7 |
134 | A14.37707 | Portofolio Industri | 4 | 7 |
135 | A14.27720 | ETIKA PROFESI INDUSTRI | 2 | 7 |
136 | A14.27702 | KERJA PRAKTEK | 2 | 7 |
137 | A14.27718 | PORTOFOLIO INDUSTRI | 4 | 7 |
138 | A14.27717 | KULIAH KERJA INDUSTRI | 4 | 7 |
139 | A14.27705 | ETIKA PROFESI | 2 | 7 |
140 | A14.27703 | MANAJEMEN DESAIN | 2 | 7 |
141 | A14.37702 | Kerja Praktek | 2 | 7 |
142 | A14.37802 | Pameran | 2 | 8 |
143 | A14.37801 | Tugas Akhir | 6 | 8 |
144 | A14.27801 | TUGAS AKHIR | 8 | 8 |
No | Periode | Status Akreditasi |
---|---|---|
1 | 2023 - 2025 | |
2 | 2020 - 2025 | A |
3 | 2015 - 2020 | A |
4 | 2011 - 2016 | B |